Rabu, 21 Oktober 2009

Hati-Hati Posting di Twitter! CIA Memantau

Rabu, 21 Oktober 2009 | 13:48 WIB

TEMPO Interaktif, Jakarta - Dinas intelijen Amerika Serikat CIA mengucurkan dana bagi Visible Technologies, perusahaan yang mengembangkan aplikasi untuk memantau isi komunikasi dalam situs sosial seperti Twitter, YouTube, chat, Flicker, forum Internet, sampai blog.

Pengucuran dana ini dilakukan oleh perusahaaan investasi di bawah CIA dan lembaga intelijen Amerika lain, In-Q-Tel. In-Q-Tel ini dibentuk untuk menguasai perusahaan teknologi yang bermanfatkan bagi dunia intelijen.

Saat ini Visible Technologies melayani sejumlah perusahaan, termasuk Microsoft, untuk memantau posting atau percakapan dalam blog, forum, YouTube, atau Twitter. Tapi saat ini perusahaan ini belum sanggup memantau situs sosial tertutup seperti Facebook.

Jika ada blog yang komentar yang membuat nama buruk perusahaan, misalnya, maka teknologi yang diciptakan Visible Technologies bisa langsung memberi tahu dan pihak terkait bisa bereaksi.

Teknologi yang sama bisa digunakan oleh dinas intelijen untuk, misalnya, memantau isu terkait keamanan Amerika Serikat.

"Mereka mungkin berbicara tentang sesuatu yang membahayakan keamanan nasional atau mungkin ada yang memperhatikan apa yang mereka dengar di forum chat," kata Wakil Presiden In-Q-Tel, Donald Tighe. "Skenario ini salah satu contoh tipe monitor yang ditawarkan o leh Visible Technologies."

Jadi, jika dalam posting Anda muncul kata-kata yang dianggap berbahaya, CIA bisa langsung tahu.

MEDIAPOST.COM/WIRED NEWS/NURKHOIRI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar