Selasa, 17 November 2009

Obama "Ngaku" Enggak Kuat Gunakan Twitter

SHANGHAI, KOMPAS.com — Dalam kunjungan ke China, Presiden AS Barack Obama membuat pengakuan pribadi soal Twitter, layanan microblogging yang tengah populer. Ia menyatakan bahwa selama ini tak pernah menggunakan Twitter meski akun @BarackObama turut menyukseskan pemilihannya.

"Saya tak pernah menggunakan Twitter, tetapi saya seorang penganjur teknologi dan tidak membatasi akses internet," kata Obama di depan sekitar 500 mahasiswa di Shanghai, akhir pekan lalu. Ia melontarkan pernyataan tersebut untuk mengawali jawaban terhadap pertanyaan soal akses Twitter dan penerapan "Great Firewall", program khusus yang dibuat Pemerintah China untuk membendung informasi yang dilarang di internet.

Lebih dari 2,6 juta orang yang menjadi follower akun tersebut mungkin mengira informasi yang di-posting langsung dari Obama. Padahal, itu semua dari tim kampanye untuk mendongkrak popularitas Obama. Begitu Obama terpilih, akun tersebut saat ini telah diambil alih Komite Nasional Partai Demokrat.

"Jempol-jempol saya terlalu lambat untuk mengetik segala hal di ponsel," kata Obama menjelaskan alasan tidak menggunakan Twitter, seperti dikutip DPA. Meski demikian, ia sangat meyakini kekuatan internet dan mengaku sukses memenangi pemilu presiden karena dapat memobilisasi pemilih pemula dengan memanfaatkan internet.

Mengetahui Obama tak menggunakan Twitter, banyak para follower yang mungkin merasa kecewa. "I Have Never Used" sempat menjadi kata kunci yang menembus topik terhangat (trending topics) sebagai reaksi terhadap pernyataan Obama itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar